Kamis, 29 Oktober 2009

KOMUNIKASI DI DALAM RUANG KELAS

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Perpindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, titik putus vocal dan sebagainya. Dan perpindahan yang efektif memerlukan tidak hanya transmisi data, tetapi bahwa seseorang mengirimkan berita dan menerimanya sangat tergantung pada keterampilan-keterampilan tertentu (membaca, menulis, mendengar, berbicara dan lain-lain) untuk membuat sukses pertukaran informasi.
Komunikasi sebagai suatu proses dengan mana orang-orang bermaksud memberikan pengertian-pengertian melalui pengiringan berita secara simbolis, dapat menghubungkan para anggota berbagai satuan organisasi yang berbeda dan biang yang berbeda pula, sehingga sering disebut rantai pertukaran informasi.
Konsep ini mempunyai unsur-unsur :


  1. Suatu kegiatan untuk membuat seseorang mengerti,



  2. Suatu sarana pengaliran informasi, dan



  3. Suatu system bagi terjalinnya komunikasi diantara individu-individu.
Pandangan tradisional tentang komunikasi telah banyak diubah oleh perkembangan teknologi, yaitu bahwa komunikasi tidak hanya terjadi antara dua orang atau lebih individu, tetapi mencakup juga komunikasi antara orang dan mesin-mesin, dan bahkan antara mesin dengan mesin lainnya.
Komunikasi memiliki 5 unsur , yaitu :


  • Komunikator


  • Penyampaian berita / info

  • Komunikan

  • Informasi / berita


  • Umpan balik
Proses Komunikasi
Pertama – tama berawal dari adanya gagasan atau ide yang terbentuk ( komunikator ) , selanjutnya ide-ide tersebut disusun dalam suatu simbol-simbol atau syarat-syarat ( encoding ) . Setelah ide-ide tersebut disusun secara rapi lalu gagasan atau ide tersebut disampaikan yg biasa di sebut dengan penyampaian informasi . Lalu informasi pun diterima ( komunikan ), setelah itu akan terjadi pengintepretasian gagasan atau ide ( decoding ) . yang terakhir akan terjadinya umpan balik . dan seperti itulah yang akan terjadi selanjutnya .

Hambatan-hambatan Terhadap Komunikasi Efektif
Komunikasi adalah vital, tetapi komunikasi sering tidak efektif dengan adanya kekuatan-kekuatan dari luar yang menghambatnya. Hambatan-hambatan terhadap komunikasi dikelompokan sebagai hambatan-hambatan organisasi dan hambatan-hambatan antar pribadi.
Jadi komunikasi adalah suatu proses pemindahan gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Dari tidak tahu menjadi tahu karena itu komunikasi sangat berguna sekali palagi dalam kehidupan, bermasyarakat, organisasi dan lain-lain. keluarga adalah contoh terkecil dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebagai contoh komunikasi terkecil di dalam masyarakat yaitu ruangan kelas. Pastinya kita akan selalu berkomunikasi dengan teman kelas entah itu lewat handphone, chatting, e-mail, dan alat elektronik lainnya. Mustahil kalau kita tidak pernah berkomunikasi dengan teman kelas, mengapa? Karena kita butuh suatu informasi kalau tidak ada komunikasi maka tidak akan mendapatkan suatu informasi yang ada di dalam kelas, contoh tugas dari dosen, maka ketua kelas harus memberikan informasi kepada teman-temannya baik itu secara lisan atau tulisan atau bisa juga lewat handphone, e-mail kelas, dan lain-lain
Hambatan dari komunikasi di dalam ruangan kelas yaitu adalah kurangnya interaksi seseorang dengan orang lain atau seorang mahasiswa dengan mahasiswa yang lainnya, seperti kalau ada tugas dari dosen, ketua kelas hanya memberikan informasi kepada orang yang dia kenal maka di dalam kelas itu tidak akan terjalin suatu komunikasi yang baik dan efektif. Seharusnya ketua kelas harus memberitahukan kepada semua orang yang ada di kelas supaya terjalin komunikasi yang baik dan efektif. Cara memberitahukan tugas juga tidak hanya secara tertulis ataupun alat elektronik tapi lisan juga bisa supaya ada kesempatan untuk berinteraksi antara sumber dan penerima, memungkinkan komunikasi nonverbal (gerakan tiubuh, intonasi suara, dan lain-lain), di sampaikannya secara cepat, yang memungkinkan umpan balik diperoleh segera. Akantetapi komunikasi secara tertulis atau alat elektrolik dapat disampaikan melalui saluran-saluran seperti chatting, e-mail, handphone. Komunikasi tulisan mempunyai manfaat dalam dokumen untuk kepentingan di waktu mendatang.

Dampak komunikasi dari media elektronik
(+) Dapat saling berbagi informasi dan komunikasi
(+ ) E-mail sangatlah efektif, lebih cepat dan mudah. Dampak positif dari email ini adalah jika kita ingin memberi kabar ke seseorang yang kita tuju , kita hanyalah membutuh kan waktu yang beberapa menit saja . lain hal nya dengan kita mengirim pesan melalui surat atau pos . dengan pos kita membutuhkan waktu berhari untuk dapat pesan kita sampai ke orang yang kita tuju . itu adalah dampak positif dari komunikasi elektronik .

(-) Apabila informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan harapan maka akan terjadi kesalahpahaman.
(-) Orang-orang akan sedikit melupakan tentang hal-hal yang sebelumnya pernah di minati seperti surat-menyurat dan lain lain .


Sumber : www.google.com/arti penting organisasi dan metod
Handoko, T.Hani, Manajemen edisi 2, BPE-Yogyakarta, 1984


Tidak ada komentar:

Posting Komentar