Senin, 09 Mei 2011

Kota Karawang

Saya lahir di Karawang, bahkan saya menghabiskan masa kecil sampai remaja di Karawang, boleh di bilang saya asli orang Karawang dan saya pernah menarikan goyang karawang waktu perpisahan sekolah dasar.
Banyak orang yang tidak tahu Karawang itu terletak dimana. Kabupaten Karawang adalah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Karawang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten purwakarta di tenggara, serta kabupaten cianjur di selatan.

Ibukota kabupaten Karawang berada dijalur pantura . Kabupaten Karawang dilintasi ruas jalan tol Jakarta –Cikampek(Karawang) serta Cipularang (Cikampek(Karawang)-Purwakarta-Padalarang). Cikampek merupakan kecamatan yang berada di bagian timur kabupaten Karawang. Di Cikampek terdapat stasiun kereta api yang merupakan prtemuan dua jalur utama yaitu dari Bandung dan dari Cirebon menuju Jakarta.
Kabupaten Karawang terdiri dari 30 Kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Karawang Barat.

Di kabupaten Karawang berdiri beberapa Kawasan Industri, antara lain karawang International Industry City (KIIC), Kawasan Surya Cipta, karawang Bukit Indah City atau BIC di jalur Cikampek(Karawang). Di bidang pertanian, Karawang terkenal sebagai lumbung padi Jawa Barat.

Bahasa sehari-hari yang saya gunakan adalah Bahasa Sunda bahkan penduduk umumnya adalah suku sunda yang menggunakan Bahasa Sunda, tetapi di Karawang terdapat beberapa bahasa Betawi di daerah utara Karawang tepatnya sebagian Kecamatan batujaya dan kecamatan Pakisjaya serta bahasa Jawa Cirebonan di jalur Utara Kecamatan Tempuran Kecamatan Cilamaya. Masyarakat pada umumnya memiliki mata pencaharian yang beragam, tetapi banyak yang bekerja sebagai petani karena di Karawang banyak sawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar