Selasa, 11 Januari 2011

Skripsi

Skripsi adalah karya tulis akademik hasil studi atau penelitian yang ditulis dan disusun secara sistematis berdasarkan metode ilmiah baik melalui penelitian induktif maupun penelitian deduktif yang dilakukan oleh mahasiswa dibawah pengawasan pembimbingnya. Skripsi merupakan salah satu persyaratan akademik yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar strata-1 (S1) atau sarjana yang menempuh jalur skripsi.skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang biasanya dilakukan setelah persyaratan akademik lainnya (seperti satuan kredit semester/sks) telah dipenuhi.
Tujuan penyusunan skripsi (termasuk tesis dan disertasi) adalah untuk :
  1. Tersedianya ukuran untuk menilai kemampuan mahasiswa menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya selama menempuh program pendidikannya, sesuai dengan tujuan program/bidang studinya masing-masing.
  2. Terbantunya mahasiswa menggunakan ilmu dan pengetahuan menjadi suatu sistem yang terpadu karena mahasiswa baru pertama kali melaksanakan penelitian, acapkali dianjurkan agar mahasiswa menggunakan desain dan metodanyang unit dan cakupannya agak terbatas seperti studi kasus.

Sumber : Wahyu, T. 2006. BAHASA INDONESIA. Jakarta : Universitas Gunadarma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar