Rabu, 09 Juni 2010

Masalah Penugasan (Assignment Problem)

Assignment Problem atau juba disebut Masalah Penugasan seperti halnya juga masalah transportasi merupakan suatu kasus yang ditemui dalam pemrograman linier (linier programming). Dalam masalah penugasan kita akan mendelegasikan sejumlah tugas atau asiignment kepada sejumlahpenerima tugas atau assignee dalam basis satu-satu. Jadi pada maslah penugasan ini diasumsikan bahwa jumlah assignment sama dengan jumlah assignee. Jadi data pokok pertama harus dimiliki dalam menyelesaikan suatu masalah penugasan adalah jumlah assignee dan jumlah assignment.

Selain data jumlah assignee dan jumlah assignment yang terlibat, data lain yang biasa diperlukan adalah besar kerugian yang ditimbulkan atau besar keuntungan yang didapatkan oleh setiap assignee dalam menyelesaikan setiap assignment.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam menyelesaikan masalah ini adalah berusaha untuk menjadwalkan setiap assignee pada suatu assignment sedemikian rupa sehingga kerugian yang ditimbulkan minimal atau keuntungan yang didapatkan maksimal.

Yang dimaksud dengan kerugian dalam masalah ini adalah biaya dan waktu  sedangkan yang termasuk dalam keuntungan diantaranya adalah pendapatan, laba dan nilai kemenangan. Dan disini terlihat bahwa secara garis besar ada dua jenis masalah assignment, yaitu masalah minimisasi dan masalah maksimisasi.

Sumber:

Anonim, Algoritma dan Pemrograman Seri Diktat Kuliah, Penerbit Gunadarma, Depok, 1996.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar