Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi dari tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, misalnya jumlah perusahaan dari dalam pasar, skala produksi, jenis produksi dan lain-lain.
Struktur pasar dapat dikatakan kompetitif jika suatu perusahaan tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi suatu pasar. Kompetitif suatu struktur pasar dikatakan berbeda dengan tingkah laku kompetitifnya, suatu tingkah laku kompetitif adalah suatu kondisi dimana suatu perusahaan harus bersaing secara aktif dengan perusahaan lain.
Pada prinsipnya suatu struktur pasar adalah pengelompokan produsen atau perusahaan yang terdapat didalam industri ke dalam beberapa bentuk dasar berdasarkan:
1. Jenis barang yang dihasilkan
2. Banyaknya atau jumlah perusahaan dalam industri
3. Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
4. Peranan iklan didalam suatu kegiatan industry (pasar)
Berdasarkan criteria tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar yang dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:
A. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Jenis dari suatu pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produksinya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan sebagainya.
Sifat-sifat dari pasar persaingan sempurna :








Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna :





B. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Pasar monopoli akan terjadi jika didalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya adalah seperti Microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan sebagainya.
Sifat-sifat dari pasar monopoli :






Ciri-ciri dari pasar monopoli :





Limit pricing adalah cara penentuan harga dibawah biaya rata-rata minimum suatu perusahaan agar perusahaan yang akan memasuki suatu industri menjadi takut.
Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di republik Indonesia yang diperkuat dengan adanya undang-undang anti monopoli. Sedangkan Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli yaitu dimana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produksi yang dihasilkan.
Beberapa syarat (asumsi) penerapan diskriminasi harga adalah sebagai berikut :





Diskriminasi harga memiliki perbedaan derajat yaitu tingkat pertama, tingkat kedua maupun tingkat ke tiga.
C. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu struktur pasar dimana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Dan pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Sebagai contohnya adalah industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di amerika serikat, dan lain-lain.
Sifat-sifat dari pasar oligopoli :




Cirri-ciri dari pasar oligopoly :




Jika ada dua perusahaan dalam struktur pasar oligopoli maka disebut dengan duopoly. Sementara itu oligopoli yang produknya homogeny disebut pure oligopoly, sedangkan produknya diferensiasi dikenal differentiated oligopoly.
Strategi penentuan harga dapat ditempuh dengan dua cara :


Beberapa cara untuk mengetahui derajat oligopoli :



Tidak ada komentar:
Posting Komentar